Kolam Pancing Kampoeng Banyumili

Rasakan serunya rekreasi mancing di Kolam Pancing Kampoeng Banyumili !! Mancing di kolam pancing beberapa tahun terakhir ini semakin menjadi tren diantara para pemancing. Mulai dari pemancing amatir hingga profesional banyak menggunakan kolam pancing sebagai alternatif pilihan dalam menyalurkan hobinya. Hal ini disebabkan karena kegiatan memancing sudah bukan lagi sekedar untuk mencari ikan, tapi lebih kearah rekreasi. 

picture by Rahmat WEDW

Tips memancing di Kolam Pancing Kampoeng Banyumili

Jika anda pemancing profesional tentu sudah hapal dengan trik-trik memancing di kolam pancing. Akan tetapi bagi anda yang masih amatir tentu menjadi sangat penting untuk mengetahui trik-trik dalam memancing di kolam pancing. Sebelumnya yang penting untuk anda persiapkan adalah anda harus punya alat pancing dan tahu cara mengoperasikannya he..he.. Tapi jangan khawatir jika anda tidak punya anda bisa menyewa dilokasi sekaligus membeli umpannya sekalian.

Banyak yang berpikir bahwa memancing di kolam pancing yang jelas sudah ada ikannya adalah akan sangat mudah. Tapi kenyataannya ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Pengalaman mimin mencoba memancing di empang punya teman awalnya sangat mudah untuk dapat ikannya terutama saat yang mancing hanya mimin sendirian he..he.. Eh begitu banyak barengan pemancing yang ikut memancing di lokasi yang sama kok jadi sulit ya.. wkwk.. mungkin ikannya jadi sombong pilih-pilih umpan yang sesuai dengan selera makannya.

Berikut adalah beberapa tips mancing ikan di kolam berdasarkan pengalaman mimin sendiri dan beberapa sumber yang mimin kumpulkan dari para pemancing profesional, baca buku, nonton acara mancing TV, dan tidak lupa info dari mbah google (hik..hik..niat banget ya..)

1. Spot ikan

Sebagian besar ikan yang disebar di kolam ikan adalah jenis-jenis ikan tawar yang suka berkoloni. Jadi misalkan ikan bawal pasti akan ngumpul dengan ikan bawal, ikan nila juga akan bergerombol dengan ikan nila. Kecuali ada ikan-ikan jenis tertentu yang jenis penyendiri seperti ikan arwana (ha..ha..ha emang ada ya ikan arwana yang boleh dipancing di kolam ?). Sebaiknya kalian rajin melempar umpan ke segala arah untuk mencari titik spot ikan. Jika ada satu ikan terangkat pancing tujukan umpan berikutnya ke titik yang sama.

2. Peralatan

Sirip dan gigi ikan yang tajam akan memudahkan tali pancing atau senar putus. Jadi pemilihan tali pancing sangat penting jika menginginkan bisa mendapatkan ikan-ikan yang besar. Anda bisa menggunakan senar yang kuat atau bisa menambahkan sling atau kawat halus diantara pemberat/timbel dengan mata kail. Jika anda menyewa alat pancingnya dilokasi mungkin anda tidak akan mendapatkan dengan spesifikasi yang khusus, tapi cukuplah kalau hanya untuk mancing ikan – ikan kecil dan sedang. Peralatan-peralatan lainnya seperti tempat duduk, payung dan tempat berteduh sudah tersedia banyak terdapat di lokasi, silahkan cari tempat yang paling nyaman saja.

3. Umpan

Kebanyakan ikan air tawar adalah omnivora alias pemakan segala. Tapi meskipun ikan adalah pemakan segala bukan berarti anda bisa meremehkan soal umpan ya.. Berikut adalah beberapa contoh umpan :

  1. Cacing merah
  2. Usus atau ati ayam
  3. Potongan keju
  4. Orong-orong
  5. Telur puyuh
  6. Tahu putih
  7. Ikan kecil
  8. Kangkung rawa
  9. dll

Di lokasi anda juga bisa membeli umpan dalam bentuk pelet dengan racikan tertentu. Apa saja bahan racikannya ? silahkan tanya yang jual ha..ha..ha.. soalnya kan rahasia perusahaan. Tapi jangan khawatir anda bisa menemukan resep-resep membuat umpan pancing ikan di buku-buku atau dari dukun andalan rujukan mimin yaitu mbah google wkwk..

4. Adaptasi dan tingkat agresif ikan

Pada saat ikan baru dilepas ke kolam ikan memerlukan waktu untuk beradaptasi beberapa saat. Ingat kan jika pas kita mencoba mancing di kolam pemancingan yang sistemnya beli ikan dulu berapa kilo trus dilepas ke kolam untuk kita pancing ramai-ramai ? Bisa dipastikan ikannya sulit dipancing he..he..he.. kebanyakan alasan pengelola kolam pancingnya ikannya masih kenyang karena habis dapat paketan nasi tumpeng wkwwk.. Jadi tidak ada salahnya bertanya dulu kapan terakhir ikan dilepaskan di kolam ya..!!

Sekedar saran dan informasi

Puas memancing seharian di Kampoeng Banyumili akan lebih seru jika ikannya dimasak sekalian disana ya.. Ikan yang masih segar tentu rasanya jadi lebih nikmat dan kayak ada manis-manisnya gitu hi..hi..hi.. Berbagai pilihan masakan ikan segar bisa menjadi pilihan menu sesuai selera anda. Nikmati makanan sambil menikmati keindahan alam akan membawa kesan tersendiri apalagi bersama-sama keluarga atau teman-teman. 

Sambil menunggu masakan jadi anda bisa mencoba wahana-wahana yang ada seperti flying fox, perahu mengelilingi kolam, atau foto-foto selfie. Oh ya jika anda bersama rombongan atau group besar anda juga bisa mengadakan acara outbound fun game lho.. Jika menginginkan kegiatan outbound anda bisa jauh-jauh hari memesannya dari kami team Jelajah Outbound. Kami akan bantu sebagai EO, mulai dari penyiapan tempat, instruktur outbound, properti game, sound, dan paket konsumsinya. Anda dan team tinggal datang dan nikmati saja..

mungkin anda akan tertarik dengan dengan salah satu program outbound kami yaitu “Outbound Capacity Building

Untuk paket kegiatan outbound hubungi kami di 0856-4111-6661 atau 0813-5365-2930

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *